Jumat, 30 November 2012

kuliah di kedokteran :)

Kuliah di kedokteran itu memang sibuknya kebangetan, tapi ada kalanya ada waktu kosong yang bisa di pergunakan. saya sendiri memang anaknya gak terlalu suka diam di kos sehingga kegiatan-kegiatan di luar akademik di luar kampus menjadi salah satu cara saya menggunakan waktu sebaik mungkin seperti musik :)
memang sih, dari dulu sekolah sangat suka sekali dengan yang namanya piano, musik piano itu enak banget kalo bisa di mainkan sendiri. makanya meski saya sudah kuliah di kedokteran bukan berarti bakat itu harus mati. dan kegiatan di luar membantu saya mengaplikasikannya.

selain kegiatan di luar tentang musik saya juga ikut mengabdi  sebagai asisten di laboraturium di fakultas kedokteran unissula, tepatnya di laboraturium fisika. Fisika di sini bukan seperti Fisika di fakultas lain atau SMP SMA namun fisika disini merupakan ilmu fisika yang berhubungan dengan bidang kesehatan khususnya kedokteran. di sini saya dan teman-teman membantu dosen untuk mengajarkan ilmu ke pada para praktikan, kami tidak hanya mengajar anak kedokteran saja, tapi juga perawat, bidan dan juga farmasi. terkadang kampus lain di luar unissula yang blm memiliki laboraturium juga belajarnya di laboraturium fakultas kedokteran unissula.

Ada beberapa laboraturium di faktultas kedokteran unissula yaitu:
1. lab. Anatomi yang mempelajari tubuh manusia secara keseluruhan,
2. lab. fisiologi yang mempelajari kerja organ tubuh dan mekanisme2nya,
3. lab.patologi klinik yang mempelajari aspek-aspek pemeriksaan laboratorium secara menyeluruh
4. lab.patologi anatomi yang mempelajari kelainan anatomis, biasanya kanker dll di pelajari di lab ini
5. lab. parasitologi mempelajari tentang infeksi yang di sebabkan oleh parasit seperti cacing,nyamuk,kutu dll (bukan parasit tanaman loh ya, bukan pula parasitnya guta gutawa  :p hehehe)
6. lab kimia memperlajari tentang kimia yang sehubungan dengan kesehatan co: tes makanan, ttg air dll
7.lab. Fisika mempelajari tentang kekentalan co: darah, ada juga kelistrikan,  mekanisme terjadinya bunyi korotkof (biasanya pada tensi), diameter dan panjang pembuluh darah dll
8. lab. biologi, sama seperti waktu sekolah deh tp lebih dalem lagi
9. lab. biokimia belajar tentang biokimiawi co: siklus kreb dkk
10. lab. mikrobiologi yang mempelajari tentang virus dan bakteri
11. lab.farmakologi yang mempelajari tentang obat dan pembuatan resep :)

banyak kan lab nya, tapi belajarnya tidak hanya di situ saja masih ada skill lab yang belajar tentang praktik kedokteran tp kalo masih preklinik kami belajarnya dengan boneka/manekin, selain itu ada tutorial SGD (small grup discusion) jadi kami selalu ada diskusi kasus setiap minggunya dan ada kuliah pakar langsung dari dosen. kegiatan yang banyak dan padat namun jika menjalaninya dengan senang semua akan terasa menyenangkan :) #SemangatCalonDokter


Tidak ada komentar:

Posting Komentar